SUZUKI NEWS

Info, Promo, dan Tips Terbaru Suzuki

ESP — Fungsi Kinerja Fitur Mobil

ESP atau kepanjangan dari Electronic Stability Programme adalah fitur pendukung keselamatan paling mutakhir yang diterapkan pada mobil Low-MPV Suzuki All New Ertiga terbaru 2018. Secara umum, ESP mencegah Over Steer dan Under Steer. Tahukah Anda bagaimana cara kerja serta fungsi ESP tersebut ? Dan apa keuntungan / manfaat ESP pada mobil ? Berikut penjelasannya.

 

ESP (Electronic Stability Programme)

Di Indonesia, fitur ini ada sebagai kelengkapan standar pada mobil menengah atas atau mobil premium. Dan fitur inilah yang diterapkan pada Low-MPV All New Ertiga 2018. Fitur ESP (Electronic Stability Programme) telah banyak digunakan di negara-negara maju.

Berdasarkan data hasil riset di Inggris, 25% ESP mampu mereduksi pengemudi dan penumpang atas kecelakaan yang lebih fatal. Sementara di Swedia, ESP mampu mengurangi tingkat resiko kecelakaan hingga 32% pada kondisi cuaca dan medan basah.

esp

Fungsi dan Kinerja ESP All New Ertiga

ESP (Electronic Stability Programme) dan ESC (Electronic Stability Control) sebenarnya istilah atau penyebutan yang memiliki kinerja yang sama. Secara umum, fungsi ESP pada Suzuki All New Ertiga bekerja fokus membantu menjaga kendaraan terkontrol, tetap berada di jalan dan selalu di jalur yang benar. Hasil kontrol yang Anda lakukan seperti memutar setir, menekan pedal gas, atau rem selalu dalam pengawasan monitor melalui sensor. Data inilah yang setiap waktu dikirim ke komputer central (ECU). Sistem komputer kemudian membandingkan data yang masuk atas semua aktifitas Anda, seperti : menggerakkan setir, menginjak pedal gas atau rem, dengan respon dari kendaraan.

ESP Menjaga Kestabilan Kendaraan

Ketika Anda secara tiba-tiba memutar setir untuk berbelok tajam (ke kiri / kanan) namun kondisi kendaraan masih berjalan lurus ke depan. Hal ini sering terjadi pada saat jalanan licin akibat hujan. Pada kondisi ini komputer langsung menyadari kemudian memerintahkan sistem pada kendaraan untuk langsung segera membantu.

ESP dan ABS

Jika Anda melakukan pengereman mendadak dan roda-roda seketika kehilangan traksi, maka komputer segera memberitahu rem ABS (Anti-lock Brake System) untuk segera bekerja memberikan tekanan pada disc brake untuk membantu roda agar mendapatkan traksi kembali.

ESP Mengontrol Tenaga Mesin ke Roda

Komputer juga dapat mengatur besaran tenaga yang dikeluarkan dari mesin ke roda. Ketika Anda dalam kondisi jalanan berlumpur dan Anda menginjak pedal gas dalam-dalam namun hanya terjadi spin pada roda, maka kontrol traksi akan mereduksi tenaga dari mesin ke roda untuk mendapatkan grip .

ESP Bekerja Dalam Hitungan Detik

Semua proses diatas, mulai dari mendeteksi data yang Anda lakukan, mendeteksi mencari dan mengatasi masalah, semua dilakukan ESP dalam hitungan detik saja.

Menonaktifkan Fitur ESP

Mengingat akan pentingnya fitur keselamatan ESP pada All New Ertiga, sangat tidak dianjurkan mematikan / menonaktifkan fitur ini. Namun lain halnya jika Anda ingin bersenang-senang dengan kendaraan Anda, seperti di lapangan sepi atau bahkan di sirkuit balap dan Anda memiliki skill memgemudi yang sangat baik.


Beri Nilai
User Rating
[Total: 11 Average: 3.9]

Leave comments

Your email address will not be published.*



You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Back to top