SUZUKI NEWS

Info, Promo, dan Tips Terbaru Suzuki

5 Cara Mudah Merawat Ban Mobil | Info Tips

5 Cara Mudah Merawat Ban Mobil

Jangan Sampai Ban Gundul di Tengah Jalan! Lakukan 5 cara mudah merawat ban mobil Anda agar tahan lama.

Entah di tengah hujan ataupun terik matahari, mobil senantiasa melindungi  dan memastikan Anda dan sampai di tujuan. Itulah alasan mengapa harus lebih sayang pada mobil Anda. Perlakukanlah dengan layak, di mulai dari hal kecil seperti merawat ban mobil.

Ban merupakan satu-satunya bagian mobil yang menyentuh jalan. Bila terjadi sesuatu pada ban, kemampuan mengemudi yang lihai atau mesin yang tangguh juga sia-sia! Dalam kesempatan ini, SUZUKI SUMBER BARU ingin membagikan beberapa tips otomotif untuk memperlakukan ban mobil supaya tahan lama.

5 cara mudah merawat ban mobil

1. Pastikan tekanan anginnya pas

Pastikan Anda selalu memompa ban mobil hingga mencapai tekanan yang direkomendasikan oleh dealer. Kenapa demikian? Jika tekanan ban mobil terlalu rendah, maka gesekan antara ban dan jalan akan menjadi semakin besar. Pasalnya, pada ban yang kempes, permukaan ban yang menyentuh jalan menjadi semakin luas. Banyaknya gesekan dan panas yang dihasilkan oleh pergerakan mobil akan membuat ban jadi semakin cepat rusak.

Di luar itu, jika Anda memompa ban hingga tekanannya berlebih, permukaan ban yang menyentuh tanah akan menjadi semakin kecil. Memang ban akan lebih awet, tapi ban juga jadi lebih mudah terpeleset ketika menyentuh jalan licin. Jadi, Anda harus pastikan tekanan ban itu sesuai.

2. Merawat ban mobil dengan cara dirotasi

Ingin tahu rahasia punya ban yang super awet meskipun mobilnya sendiri sudah tua? Caranya mudah, cukup tukar posisi ban yang ada di mobil secara berkala.
Ban yang ada di depan itu senantiasa terkena gesekan dari rem dan juga gesekan ekstra ketika mobil berbelok. Sementara itu, ban di belakang umumnya hanya mengikuti laju mobil dan menerima gesekan yang minim.

Oleh karenanya, direkomendasikan untuk menukar posisi ban depan dan belakang setiap 5.000 km sekali .

3. Bawa barang secukupnya saja

Kalau ini sih tidak perlu penjelasan panjang. Semakin berat mobil, semakin banyak juga beban yang ditanggung oleh keempat ban. Gesekan antara jalan dan permukaan ban ketika mobil melaju juga semakin berat dan merusak.

Terkadang, peduli dan merawat ban mobil hanya sesederhana menurunkan beban yang nggak perlu. Apalagi kalau ada barang seperti sepeda yang biasa kamu taruh di rak mobil, lebih baik simpan di rumah saja.

4. Periksa keadaan ban secara rutin

Kalau ada waktu senggang, coba lihat keadaan ban mobil. Apakah ada lumpur ataupun kerikil di sela-sela ban? Kalau jawabannya ada, langsung bersihkan ban mobil Anda dari benda-benda asing yang dapat menggangu.

Coba bayangkan batu kerikil yang terselip di sela ban dan kemudian mobilmu melaju dalam kecepatan 80 km/jam. Dengan kecepatan tinggi, batu kerikil yang keras bisa menimbulkan gaya gesekan yang kuat. Kamu bisa merawat ban mobil dengan membersihkannya secara berkala.

5. Bawa ke bengkel untuk pemeriksaan rutin

Meskipun kita teliti dan peduli sama mobil, terkadang kita tidak punya peralatan dan ruang kerja yang lengkap untuk memeriksa keadaan ban mobil kita. Selain hal di atas, ada juga faktor seperti posisi roda ataupun kondisi suspensi mobil yang juga mempengaruhi usia ban. Karena itu, Anda juga masih membutuhkan kejelian para mekanik mobil yang berpengalaman. Merekalah yang paling tahu cara merawat ban mobil. Kunjungi bengkel sesuai dengan jangka waktu yang direkomendasikan dan pastikan mobil serta ban Anda berada dalam kondisi prima.

Itulah tips-tips sederhana dalam merawat ban mobil, semoga awet dan tahan lama ya! Tentunya untuk mobil kesayangan, kita juga ingin yang terbaik kan?

Yuk, pastikan keadaan ban mobil Anda selalu optimal dan siap untuk berpetualang bersama SUZUKI SUMBER BARU !

Leave comments

Your email address will not be published.*



You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Back to top
WhatsApp Chat